Oleh : Lathief AB (Pengasuh Pondok Baitul Hamdi)
أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلٰهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ. وَأَشْهَدُ أَنّ مُحَمّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ لاَ نَبِيَّ بَعْدَهُ.
اَللهُمّ صَلِّ وَسَلّمْ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمّدٍ وَعَلى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلٰى يَوْمِ الدِّيْنِ, اَمَّا بَعْدُ. فَيَا عِبَادَ اللهِ, اُوْصِيْكُمْ وَاِيَّايَ بِتَقْوَى اللهِ وَطَاعَتِهِ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ. قَالَ اللهُ تَعَالَى فىِ الْقُرْآنِ الْكَرِيْمِ، أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ. يَاأَيّهَا الّذَيْنَ آمَنُوْا اتّقُوا اللهَ حَقّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ.
Puji dan syukur marilah kita panjatkan kehadirat Ilahi Rabbi, Allah Rabbul’izzati. Pada kesempatan Jumat ini kita kembali dapat melaksanakan kewajiban sebagai seorang Muslim di masjid yang kita muliankan. Shalawat dan salam tercurahlimpah kepada uswatun hasanah kita yaitu Baginda Nabi Besar Muhammad SAW. Juga kepada segenap keluarganya, para sahabatnya dan seluruh pengikutnya.
Sidang jamaah Shalat Jumat yang berbahagia,
Mengawali khutbah singkat pada kesempatan ini, kami selaku khatib berwasiat kepada diri pribadi saya dan kepada seluruh jamaah, marilah kita tingkatkan takwa kepada Allah dengan sebenar-benar takwa yaitu melaksanakan semua perintah Allah dan menjauhi semua larangan-Nya.
Sidang jamaah Shalat Jumat yang berbahagia,
Setelah ‘Iedul Fitri biasanya ada tradisi halal bi halal yang merupakan bagian dari keragaman budaya muslim indonesia. Adalah sebuah acara pertemuan pasca Ramadhan antar warga, antar keluarga, antar karyawan perusahan dan lembaga. Sebagian mengistilahkan dengan liqa’us syawal atau pertemuan di bulan syawal.
Istilah halal bi halal adalah hal baru dan hanya dikenal di indonesia. Menurut Masdar F Masudi Dewan Syuriah PBNU, Penggagas istilah halal bi halal ini adalah KH Abdul Wahab Chasbullah atas permintaan Presiden Soekarno yang akan mengadakan pertemuan pasca Ramadhan 1948 dengan tujuan meredakan ketegangan antar elit politik pasca kemerdekaan 1945. Soekarno meminta nama dalam pertemuan tersebut selain silaturahmi. Maka KH. Abdul Wahab Chasbullah secara spontan menyebut istilah halal bi halal dengan makna saling membebaskan dari dosa.
Menurut ahli bahasa jika hanya kalimat halal bi halal maka ini belum masuk jumlah mufidah (kalimat sempurna). Maka mesti ada kata tersembunyi (idhmar) yang diperkirakan sesuai maksud. Seperti kata dalam QS. Almaidah ayat 45 ‘annafsu bin nafsi’ (jiwa dengan jiwa), ada kata yang tersimpan yaitu ‘yuqtalu’. Dipahami ‘annafsu yuqtalu bin nafsi’ ( jiwa yang dibunuh dibalas dengan jiwa). Demikian halal bi halal maksudnya halalun yujza’u bi halalin, pembebasan (dosa) dibalas dengan pembebasan (dosa) pula, saling memaafkan.
Sidang jamaah Shalat Jumat yang berbahagia,
Bila kita perhatikan, setidaknya ada tiga esensi atau inti dari halal bi halal, yaitu; pertama ukhuwah; mempererat persaudaraan. Kedua Islah; memperbaiki kesalahan (islah) dan ketiga dakwah; nasihat kebaikan. Maka halal bi halal bisa masuk kategori sunnah hasanah (budaya baik).
Nabi SAW, bersabda;
مَنْ سَنَّ فِي الْإِسْلَامِ سُنَّةً حَسَنَةً فَلَهُ أَجْرُهَا وَأَجْرُ مَنْ عَمِلَ بِهَا بَعْدَهُ مِنْ غَيْرِ أَنْ يَنْقُصَ مِنْ أُجُورِهِمْ شَيْءٌ
“Barangsiapa yang membuat contoh yang baik dalam Islam, maka ia mendapatkan pahalanya dan pahala orang yang mengamalkannya setelahnya, tanpa mengurangi pahala mereka sedikitpun”. (H.R. Muslim)”
Sidang jamaah Shalat Jumat yang berbahagia,
Esensi pertama ukhwuah, mempererat persaudaraan antar keluarga, antar teman, tetangga, karyawan agar tumbuh saling menyayangi dan mengasihi sangat dianjurkan. Dalam hal ini halal bi halal pengejawantahan (perwujudan) dari silaturahmi.
مَنْ أَحَبَّ أَنْ يُبْسَطَ لَهُ فِي رِزْقِهِ، وَأَنْ يُنْسَأَ لَهُ فِي أَثَرِهِ، فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ
“Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, maka sambunglah tali silaturahim.” (HR. Bukhari).
Sidang jamaah Shalat Jumat yang berbahagia,
Esensi kedua islah, memperbaiki kesalahan dengan saling memaafkan. Diantara ciri penghuni surga adalah orang yang suka meminta maaf atas kesalahan dan mau memaafkan orang yang telah berbuat salah kepadanya (QS. Aliimran : 134).
(yaitu) orang-orang yang selalu berinfak, baik di waktu lapang maupun sempit, orang-orang yang mengendalikan kemurkaannya, dan orang-orang yang memaafkan (kesalahan) orang lain. Allah mencintai orang-orang yang berbuat kebaikan.
Dosa berkait manusia akan menjadi beban tuntutan kelak diakhirat. Karena itu harus saling membebaskan di dunia. Dalam hadist diceritakan, kelak orang yang selangkah lagi menuju surga dengan membawa segunung pahala pun akhirnya dipaksa mundur lalu dilemparkan ke neraka, hanya karena banyak dosa kepada sesama.
Sidang jamaah Shalat Jumat yang berbahagia,
Esensi ketiaga dakwah. Pada umumnya dalam halal bi halal disisipi acara tausiyah. Tentu ini momen baik untuk menyampaikan pesan dakwah. Bisa jadi dari hasil halal bi halal muncul gagasan amal nyata. Seperti penggalangan dana untuk membantu yang sedang sakit, korban bencana dsb. Hal ini senada dengan pesan Al Qur’an,
لَا خَيْرَ فِيْ كَثِيْرٍ مِّنْ نَّجْوٰىهُمْ اِلَّا مَنْ اَمَرَ بِصَدَقَةٍ اَوْ مَعْرُوْفٍ اَوْ اِصْلَاحٍ ۢ بَيْنَ النَّاسِۗ وَمَنْ يَّفْعَلْ ذٰلِكَ ابْتِغَاۤءَ مَرْضَاتِ اللّٰهِ فَسَوْفَ نُؤْتِيْهِ اَجْرًا عَظِيْمًا
“Tidak ada kebaikan dari banyak pembicaraan rahasia mereka kecuali pembicaraan rahasia dari orang yang menyuruh (orang) bersedekah, atau berbuat kebaikan, atau mengadakan perdamaian di antara manusia. Barang siapa berbuat demikian karena mencari keridaan Allah, maka kelak Kami akan memberinya pahala yang besar.” (Q.S. An-Nisa: 114).
Demikina khutbah ini saya sampaikan, semoga kita termasuk hamba-hamba yang selalu mempererat tali persaudaraan, senantiasa meperbaiki keadaan dan menyampaikan kebenaran. AMIN
بَارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ فِي الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ, وَنَفَعَنِيْ وَإِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ الآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ, وَتَقَبَّلَ مِنِّيْ وَمِنْكُمْ تِلاَوَتَهُ إِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ. أَقُوْلُ قَوْلِيْ هَذَا وَاسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ لِيْ وَلَكُمْ فَاسْتَغْفِرُوْهُ، إِنَّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ.
Khutbah II
اَلْحَمْدُ للهِ عَلىَ إِحْسَانِهِ وَالشُّكْرُ لَهُ عَلىَ تَوْفِيْقِهِ وَاِمْتِنَانِهِ. وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ. وَأَشْهَدُ أنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الدَّاعِى إلىَ رِضْوَانِهِ. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وِعَلَى اٰلِهِ وَاَصْحَابِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كِثيْرًا. أَمَّا بَعْدُ:
فَياَ اَيُّهَا النَّاسُ, اِتَّقُوااللهَ فِيْمَا أَمَرَ وَانْتَهُوْا عَمَّا نَهَى وَاعْلَمُوْا أَنَّ اللهَ أَمَرَكُمْ بِأَمْرٍ بَدَأَ فِيْهِ بِنَفْسِهِ وَثَـنَى بِمَلآ ئِكَتِهِ بِقُدْسِهِ. وَقَالَ تَعاَلَى, إِنَّ اللهَ وَمَلآئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلىَ النَّبِى يآ اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا.
اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلِّمْ وَعَلَى آلِ سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَنْبِيآئِكَ وَرُسُلِكَ وَمَلآئِكَةِ الـْمُقَرَّبِيْنَ, وَارْضَ اللّهُمَّ عَنِ اْلخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ أَبِى بَكْرٍ وَعُمَرَ وَعُثْمَانَ وَعَلِي وَعَنْ بَقِيَّةِ الصَّحَابَةِ وَالتَّابِعِيْنَ وَتَابِعِي التَّابِعِيْنَ لَهُمْ بِاِحْسَانٍ اِلىٰ ىيَوْمِ الدِّيْنِ, وَارْضَ عَنَّا مَعَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ
اَللهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَاْلمُؤْمِنَاتِ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَاْلمُسْلِمَاتِ اَلاَحْيآءِ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ
اللهُمَّ أَعِزَّ اْلإِسْلاَمَ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَأَذِلَّ الشِّرْكَ وَاْلمُشْرِكِيْنَ وَانْصُرْ عِبَادَكَ اْلمُوَحِّدِيَّةَ وَانْصُرْ مَنْ نَصَرَ الدِّيْنَ وَاخْذُلْ مَنْ خَذَلَ اْلمُسْلِمِيْنَ وَ دَمِّرْ أَعْدَاءَالدِّيْنِ وَاعْلِ كَلِمَاتِكَ إِلَى يَوْمَ الدِّيْنِ
اللهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا اْلبَلاَءَ وَاْلوَبَاءَ وَالزَّلاَزِلَ وَاْلمِحَنَ وَسُوْءَ اْلفِتْنَةِ وَاْلمِحَنَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ عَنْ بَلَدِنَا اِنْدُونِيْسِيَّا خآصَّةً وَسَائِرِ اْلبُلْدَانِ اْلمُسْلِمِيْنَ عآمَّةً يَا رَبَّ اْلعَالَمِيْنَ
رَبَّنَا ظَلَمْنَا اَنْفُسَنَاوَاِنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ اْلخَاسِرِيْنَ
رَبَّنَا آتِناَ فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ.
عِبَادَاللهِ ! إِنَّ اللهَ يَأْمُرُنَا بِاْلعَدْلِ وَاْلإِحْسَانِ وَإِيْتآءِ ذِي اْلقُرْبىَ وَيَنْهَى عَنِ اْلفَحْشآءِ وَاْلمُنْكَرِ وَاْلبَغْي يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ وَاذْكُرُوا اللهَ اْلعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْهُ عَلىٰ نِعَمِهِ